Sunday, 9 December 2012

Membuat LAN ( Local Area Network) dengan gambar

Membuat LAN ( Local Area Network)
Written by Administrator   
Friday, 26 December 2008 20:13
Membuat LAN (Local Area Network) sederhana
Berikut ini adalah bagaimana cara membuat sebuah LAN (local area network) sederhana. LAN adalah jaringan yang terdiri dari 2 atau lebih komputer yang berada di suatu tempat yang sama, misalnya di rumah, kantor, atau di satu gedung bertingkat. Dengan LAN satu komputer dapat berkomunikasi dengan komputer yang lainnya, sehingga semua komputer yang terhubungkan dengan LAN dapat saling berbagi (sharing) data.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat LAN, diantaranya adalah dengan menggunakan media kabel atau dengan cara tanpa kabel (wireless). Dalam tulisan ini saya akan membahas bagaimana cara membuat jaringan komputer dengan menggunakan media kabel.
Perlengkapan yang diperlukan untuk membuat jaringan adalah:
  • Hub/Switch
  • Network Adapter/LAN card (tidak diperlukan jika sudah onboard dikomputer)
  • Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)
  • Konektor RJ-45
Yang pertama kita lakukan adalah melihat apakan kita akan menghubungkan 2 buah komputer saja atau lebih. Karena jika hanya ingin menghubungkan 2 buah komputer saja kita dapat melakukannya tanpa harus menggunakan Hub sehingga dapat menghemat biaya. Berikut ini terlebih dahulu adalah cara menghubungkan komputer menggunakan kabel UTP dengan Hub (diasumsikan ditiap komputer sudah tersedia Network Adapter).
Untuk menghubungkan komputer dengan Hub kita harus membuat kabel UTP dengan konfigurasi straight seperti pada gambar berikut:
stra
str
Gambar ini adalah konektor RJ-45 dengan konfigurasi kabel straight, urutan kabelnya adalah (dari kiri ke kanan):
  1. Oranye/Putih
  2. Oranye
  3. Hijau/Putih
  4. Biru
  5. Biru/Putih
  6. Hijau
  7. Coklat/Putih
  8. Coklat
Setelah semua kabel selesai dikerjakan maka komputer dapat dihubungkan dengan Hub melalui kabel tersebut, seperti pada gambar ini.
Jaringan
Selanjutnya barulah kita melakukan konfigurasi pada tiap-tiap komputer, yaitu mengatur IP Address untuk masing-masing komputer. IP Address ini bisa diatur agar diberikan secara otomatis oleh komputer (Dinamic IP Address) atau ditentukan sendiri (Static IP Address).
Kalau tadi adalah cara membuat LAN dengan menggunakan Hub, maka berikut ini adalah cara untuk menghubungkan 2 buah komputer dengan menggunakan kabel UTP. Kalau tadi kita menggunakan kabel UTP dengan konfigurasi straight maka untuk menghubungkan 2 buah komputer tanpa Hub kita harus menggunakan Kabel UTP dengan konfigurasi Cross. Perbedaannya adalah jika pada konfigurasi straight kedua ujung kabel UTP dipasang dengan urutan warna yang sama, maka untuk konfigurasi Cross salah satu ujungnya harus dipasang ke konektor RJ-45 dengan urutan warna sebagai berikut:
konfigurasi cross
Gambar ini adalah konektor RJ-45 dengan konfigurasi kabel cross, urutan kabelnya adalah (dari kiri ke kanan):
  1. Hijau/Putih
  2. Hijau
  3. Oranye/Putih
  4. Biru
  5. Biru/Putih
  6. Oranye
  7. Coklat/Putih
  8. Coklat
Setelah kedua ujung kabel selesai dipasangkan ke konektor RJ-45 sesuai konfigurasi tadi maka kedua komputer dapat langsung dihubungkan menggunakan kabel tersebut tanpa melalui Hub dan dilakukan konfigurasi pada tiap-tiap komputer. Caranya sama seperti menghubungkan komputer dengan menggunakan Hub.

SUMBER: 
http://fadrea.my-php.net/index.php/ilmu-komputer/networking/50-membuat

0 komentar: